Kamis, 07 Februari 2013

Contoh Karya Tulis tentang Kebersihan




PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN
BAGI SISWA KELAS XI-A2
STUDY KASUS MAN 3 KOTA KEDIRI









Diajukan Dalam Rangka Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Semester Genap Tahun Pelajaran 2012

O L E H :
1.           CHOIRINA FIDAROINI         (02)
2.           USWATUN HASANAH        (07)
3.           M. KHOTHIBUL UMAM       (15)
4.            WULAN AKBAR M               (17)

Pembimbing:

Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I


MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA KEDIRI
Jl.Letjen Suprapto No.58 Telp.(0354) 687876 Kota Kediri 64124

 


HALAMAN PENGESAHAN

Karya ilmiah yang berjudul “PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN BAGI SISWA KELAS XI-A2 STUDY KASUS MAN 3 KOTA KEDIRI” dari kelompok 2 telah memenuhi persyaratan penulisan yang ditentukan sehingga dapat disetujui atau disyahkan pada hari Kamis tanggal 23 bulan Februari tahun 2012.








Kediri, 23  Februari 2012
Mengetahui,
Pembimbing,



Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I
NIP. 196603072005012001
                                                                       
                                                                                                  
KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Rabbul Izzati yang telah melimpahkan rahmat serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan karya tulis ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
            Karya tulis ini kami susun untuk memenuhi tugas mata pelajaran bahasa indonesia semester genap tahun pelajaran 2012. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Sja’roni, M. Pd. I selaku kepala sekolah
2.       Bu Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I selaku pembimbing karya tulis
3.      Ayah dan Ibu Kami yang telah mendukung dan memberikan motivasi, serta
4.      Seluruh kawan-kawan seperjuangan.
Kami mengharapkan kritik dan saran serta masukan dari berbagai kalangan guna menyempurnakan karya tulis ini.  
Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya, siswa MAN 3 Kota Kediri pada umumnya, yang mendalami dalam pembuatan karya tulis ini.


Kediri, 23 Februari 2012        


Tim Penyusun             






ABSTRAK PENELITIAN

          Choirina fidaroini, Uswatun Hasanah, M. khothibul Umam, Wulan Akbar M, 2010
Pentingnya Menjaga Kebersihan Bagi Siswa Kelas XI-A2 Study Kasus Man 3 Kota Kediri

Pembimbing : Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I

Kata kunci : Kebersihan

Karya tulis ini menjelaskan tentang  kesadaran siswa-siswi kelas XI-A2  dalam menjaga kebersihan lingkungan kelas mereka dan juga disertai dengan artikel tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesadaran siswa-siswi kelas XI-A2  dalam menjaga kebersihan lingkungan kelas mereka.
Hasil penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesadaran siswa-siswi kelas XI-A2  dalam menjaga kebersihan lingkungan kelas mereka. Serta memaparkan pendapat penulis bagaimana upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan.












DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ................................................................................         i
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................        ii
KATA PENGANTAR..............................................................................       iii    
ABSTRAK PENELITIAN.......................................................................       iv
DAFTAR ISI .............................................................................................        v
BAB I ...... PENDAHULUAN .................................................................        1
A. Latar Belakang Masalah.......................................................        1
B. Rumusan Masalah................................................................        1
C. Tujuan Penelitian .................................................................        2
D. Kegunaan Penelitian............................................................        2
BAB II...... LANDASAN TEORI.............................................................        3    
BAB III.... PEMBAHASAN.....................................................................        4
A. Latar Belakang Obyek Penelitian.........................................        4
B. Penyajian Hasil Penelitian....................................................        4
C. Analisis Hasil Penelitian.......................................................        6
C.1. Pembahasan Rumusan Masalah I.................................        6
          C.1.1.Prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa
 membuang sampah pada tempatnya...................        6
           C.1.2.Prosentase dari pelaksanakan piket harian di
lingkungan kelas XI-A2....................................        6
C.2. Pembahasan Rumusan Masalah II................................        7
C.2.1.Seberapa pentingkah membuang sampah
 pada tempatnya?...............................................        7
C.2.2.Seberapa pentingkah pelaksanaan piket
rutin harian bagi siswa?.....................................        7
C.3. Pembahasan Rumusan Masalah III..............................        7
C.4. Pembahasan Rumusan Masalah IV..............................        7                                                           
C.5. Pembahasan Rumusan Masalah V................................        8                                                           
BAB IV     PENUTUP...............................................................................        9
Kesimpulan.........................................................................        9
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................         vii
BIODATA PENULIS................................................................................        viii
LAMPIRAN-LAMPIRAN.......................................................................        xii




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar belakang Masalah
Kebersihan kelas merupakan suatu kebutuhan penting bagi kita. Karena kebersihan kelas merupakan kebutuhan bagi siswa, mengapa? Karena apabila kelas tidak bersih kegiatan dan konsentrasi siswa menjadi terpecah bahkan kegiatan belajar mengajar menjadi terganggu. Oleh kerena itu kebersihan kelas perlu dijaga agar kegiatan belajar mengajar dan konsentrasi siswa tidak terganggu.
Banyak hal yang dapat dilakukan agar kebersihan kelas tetap terjaga, seperti melaksanakan kegiatan piket harian kelas dan tidak membuang sampah pada laci meja dan lain sebagainya.
Berhubungan dengan penulisan karya tulis ini, penulis ingin meneliti seberapa sadarkah siswa-siswi kelas XI-A2 dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungannya.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1)             Bagaimana pembagian tingkat prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan piket harian di lingkungan kelas XI-A2?
2)             Seberapa pentingkah membuang sampah pada tempatnya dan pelaksanaan piket rutin harian bagi siswa?
3)             Bagaimana reaksi dari para siswa ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempanya?
4)             Bagaimana reaksi dari para siswa yang tidak disiplin melaksanakan piket rutin harian?
5)             Bagaimana cara meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan?

C.  Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui pembagian tingkat prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan piket harian di lingkungan kelas XI-A2.
2.      Untuk mengetahui seberapa pentingkah membuang sampah pada tempatnya dan pelaksanaan piket rutin harian bagi siswa.
3.      Untuk mengetahui reaksi dari para siswa ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempanya.
4.      Untuk mengetahui reaksi dari para siswa yang tidak disiplin melaksanakan piket rutin harian.
5.      Untuk mengetahui cara meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.

D.  Kegunaan penelitian
Penelitian yang berjudul “PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN BAGI SISWA KELAS XI-A2 STUDY KASUS MAN 3 KOTA KEDIRI “ ini di harapkan memiliki kontribusi penting bagi berbagai pihak antara lain, sebagai berikut:

1.      PEMBACA
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan pembaca agar sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.
2.      MASYARAKAT
Hasil penelitian ini diharapkan agar masyarakat lebih mengetahui tentang hakikatnya kebersihan di lingkungan sekitar.




BAB II
LANDASAN TEORI
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.
Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.
Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara melap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan (misalnya dengan abu gosok), membersihkan kamar mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.
Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan kamar bedah di rumah sakit, sedangkan kebersihan di pabrik makanan berbeda dengan kebersihan di pabrik semikonduktor yang bebas debu.




BAB III
LAPORAN HASIL PENELITIAN

A.  Latar Belakang Objek Penelitian
Kelas XI-A2 merupakan salah satu kelas di MAN Kota Kediri 3. Di kelas ini terdapat 38 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan.
Kelas ini terletak di lajur kelas sebelah selatan. Tepatnya diantara kelas XI-A1 dan kamar mandi putra. Ruangan ke-6 dari barat dan ke 7 dari timur.
Sebagaimana dengan kelas yang lain, di depan kelas XI-A2 terdapat taman kecil, tempat cuci tangan dan dua macam tempat sampah, yaitu tempat sampah organik dan anorganik.
Di dalam kelas terdapat meja-meja, kursi-kursi, papantulis, almari, majalah dinding yang perlu dirawat dan dijaga kebersihannya sehingga tidak mengganggu jalannya KBM di kelas.
B.  Penyajian Hasil Penelitian


C.  Analisis Hasil Penelitian
C.1.Pembahasan Rumusan Masalah I
C.1.1.Prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa membuang sampah pada tempatnya
C.1.2.Prosentase dari pelaksanakan piket harian di lingkungan kelas XI-A2



     C.2.Pembahasan Rumusam Masalah II
C.2.1.Seberapa pentingkah membuang sampah pada tempatnya?
Membuang sampah pada tempatnya itu sangat penting karena dengan begitu diharapkan lingkungan kita bersih dari sampah-sampah yang berserakan yang dapat mengganggu pemandangan ketika kita melihatnya.
C.2.2.Seberapa pentingkah pelaksanaan piket rutin harian bagi siswa?
Melaksanakan piket harian secara rutin itu sangat penting karena prosentasenya menunjukkan lebih besar yaitu, 26 dari 29 siswa menjawab perlu untuk melaksanakan piket harian kelas secara rutin. Karena itu sebagai solusi untuk menjaga kebersihan lingkungan kelas.

C.3. Pembahasan Rumusan Masalah III
Bagaimana reaksi dari para siswa ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempanya?
Kebanyakan dari siswa sudah mulai sadar ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempatnya. Mereka membuangnya ke tempat sampah, tapi, adapula yang membiarkannya berserakan. Bahkan terdapat juga siswa ketika melihat sampah berserakan, justru ditendang.

C.4. Pembahasan Rumusan Masalah IV
Bagaimana reaksi dari para siswa yang tidak disiplin melaksanakan piket rutin harian?
Hasil dari penelitian agak memalukan karena persentase menunjukkan 18 siswa dari 29 siswa bersikap cuek dalam merespon keadaan lingkungan yang kotor. Sedangkan siswa yang lain ada yang menyesal serta mengganti hari esok jika saat itu ia tidak piket. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa XI IPA 2 yang belum sadar akan pentingnya kedisiplinan menjalankan piket harian kelas.
C.5. Pembahasan Rumusan Masalah V
Bagaimana cara meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan?
Banyak cara dalam meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan diantaranya yaitu :
1.      Memberitau kepada sesama teman kita akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
2.      Menerapkan sistem piket harian secara rutin dan jika perlu diberi sanksi kepada anak yang melanggarnya. Dengan begitu siswa diharapkan menjalankan piketnya secara rutin.
3.      Mengingatkan kepada sesama teman kita jika ada yang mengotori/membuang sampah tidak pada tempatnya maka untuk jangan mengotori serta membuang sampah pada tempatnya.
4.      Mengingatkan kepada sesama teman kita untuk menjalankan piket harian kelas jika saat itu ada salah satu teman kita yang lupa.
5.      Memberitahu bahaya dari akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan yaitu dapat terganggunya kesehatan, menurunnya konsentrasi siswa karena suasana kurang kondusif, serta menggangu proses kegiatan belajar mengajar.
       









                                                    
                                                           BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
        Dari pembahasan tersebut dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut :
  • Kebanyakan dari siswa sudah mengetahui akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kelas terutama dalam membuanng sampah dan melaksanakan piket harian kelas.
  • Siswa masih banyak yang belum mengaplikasikan tentang kebersihan lingkungan kelas ke dalam kehidupan sehari-harinya.
  • Yang perlu diketahui dalam membayar zakat tidak ada unsur pemaksaan harus dari kesadaran sendiri.
  • Mengenai syariat zakat profesi  perlu dipublikasikan agar masyarat lain mengetahui dan agar bisa meningkatkan rasa kepedulian tidak hanya di kalangan guru tetapi juga di kalangan profesi lain.


 
DAFTAR PUSTAKA
·                                                        Anonim.2010.(http://id.wikipedia.org/ )
·             Data dari angket yang dibagikan kepada siswa kelas XI-A2



1 komentar: