PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN
BAGI SISWA KELAS XI-A2
STUDY KASUS MAN 3 KOTA KEDIRI
Diajukan Dalam Rangka Memenuhi
Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Semester
Genap Tahun Pelajaran 2012
O L E H :
1.
CHOIRINA FIDAROINI (02)
2.
USWATUN HASANAH (07)
3.
M. KHOTHIBUL UMAM (15)
4.
WULAN AKBAR M (17)
Pembimbing:
Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I
MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA KEDIRI
HALAMAN PENGESAHAN
Karya ilmiah yang berjudul “PENTINGNYA MENJAGA
KEBERSIHAN BAGI SISWA KELAS XI-A2 STUDY KASUS MAN 3 KOTA KEDIRI” dari kelompok 2 telah memenuhi persyaratan
penulisan yang ditentukan sehingga dapat disetujui atau disyahkan pada hari
Kamis tanggal 23 bulan Februari tahun 2012.
Kediri, 23 Februari 2012
Mengetahui,
Pembimbing,
Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I
NIP. 196603072005012001
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Rabbul Izzati yang telah
melimpahkan rahmat serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan
penulisan karya tulis ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Karya
tulis ini kami susun untuk memenuhi
tugas mata pelajaran bahasa indonesia semester genap tahun pelajaran 2012. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih
kepada:
1.
Bapak Sja’roni, M.
Pd. I selaku kepala sekolah
2. Bu Dra. Ilik Tarwiyati, M. Pd. I selaku pembimbing karya tulis
3.
Ayah dan Ibu Kami yang
telah mendukung dan memberikan motivasi, serta
4.
Seluruh kawan-kawan
seperjuangan.
Kami
mengharapkan kritik dan saran serta masukan dari berbagai kalangan guna
menyempurnakan karya tulis ini.
Semoga
karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya, siswa MAN 3 Kota Kediri
pada umumnya, yang mendalami dalam pembuatan karya tulis ini.
Kediri, 23
Februari 2012
Tim Penyusun
ABSTRAK PENELITIAN
Choirina fidaroini, Uswatun Hasanah, M.
khothibul Umam, Wulan Akbar M, 2010
Pentingnya
Menjaga Kebersihan Bagi Siswa Kelas XI-A2 Study Kasus Man 3 Kota Kediri
Pembimbing : Dra. Ilik
Tarwiyati, M. Pd. I
Kata kunci : Kebersihan
Karya tulis ini menjelaskan tentang
kesadaran siswa-siswi kelas XI-A2
dalam menjaga kebersihan lingkungan kelas mereka dan juga disertai
dengan artikel tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesadaran siswa-siswi kelas XI-A2 dalam menjaga kebersihan lingkungan kelas mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesadaran siswa-siswi kelas XI-A2 dalam menjaga kebersihan lingkungan kelas mereka.
Hasil penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesadaran siswa-siswi
kelas XI-A2 dalam menjaga kebersihan
lingkungan kelas mereka. Serta memaparkan pendapat penulis bagaimana
upaya untuk meningkatkan kesadaran
dalam menjaga kebersihan lingkungan.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................. ii
KATA PENGANTAR.............................................................................. iii
ABSTRAK PENELITIAN....................................................................... iv
DAFTAR ISI ............................................................................................. v
BAB I ...... PENDAHULUAN
................................................................. 1
A. Latar
Belakang Masalah....................................................... 1
B. Rumusan Masalah................................................................ 1
C. Tujuan Penelitian ................................................................. 2
D. Kegunaan Penelitian............................................................ 2
BAB II...... LANDASAN TEORI............................................................. 3
BAB
III.... PEMBAHASAN..................................................................... 4
A. Latar Belakang Obyek Penelitian......................................... 4
B. Penyajian Hasil Penelitian.................................................... 4
C. Analisis Hasil Penelitian....................................................... 6
C.1. Pembahasan Rumusan Masalah
I................................. 6
C.1.1.Prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa
membuang sampah pada tempatnya................... 6
C.1.2.Prosentase dari pelaksanakan piket harian di
lingkungan kelas XI-A2.................................... 6
C.2. Pembahasan Rumusan Masalah
II................................ 7
C.2.1.Seberapa pentingkah membuang sampah
pada tempatnya?............................................... 7
C.2.2.Seberapa pentingkah pelaksanaan piket
rutin
harian bagi siswa?..................................... 7
C.3. Pembahasan Rumusan Masalah III.............................. 7
C.4. Pembahasan Rumusan Masalah IV.............................. 7
C.5. Pembahasan Rumusan Masalah V................................ 8
BAB IV PENUTUP............................................................................... 9
Kesimpulan......................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... vii
BIODATA PENULIS................................................................................ viii
LAMPIRAN-LAMPIRAN....................................................................... xii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang Masalah
Kebersihan
kelas merupakan suatu kebutuhan penting bagi kita. Karena kebersihan kelas
merupakan kebutuhan bagi siswa, mengapa? Karena apabila kelas tidak bersih
kegiatan dan konsentrasi siswa menjadi terpecah bahkan kegiatan belajar
mengajar menjadi terganggu. Oleh kerena itu kebersihan kelas perlu dijaga agar
kegiatan belajar mengajar dan konsentrasi siswa tidak terganggu.
Banyak
hal yang dapat dilakukan agar kebersihan kelas tetap terjaga, seperti
melaksanakan kegiatan piket harian kelas dan tidak membuang sampah pada laci
meja dan lain sebagainya.
Berhubungan
dengan penulisan karya tulis ini, penulis ingin meneliti seberapa sadarkah
siswa-siswi kelas XI-A2 dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungannya.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1)
Bagaimana pembagian tingkat
prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa membuang sampah pada tempatnya dan
melaksanakan piket harian di lingkungan kelas XI-A2?
2)
Seberapa pentingkah membuang
sampah pada tempatnya dan pelaksanaan piket rutin harian bagi siswa?
3)
Bagaimana reaksi dari para siswa
ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempanya?
4)
Bagaimana reaksi dari para siswa
yang tidak disiplin melaksanakan piket rutin harian?
5)
Bagaimana cara meningkatkan
kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan?
C. Tujuan Penelitian
1.
Untuk mengetahui pembagian tingkat
prosentase dari kesadaran kedisiplinan siswa membuang sampah pada tempatnya dan
melaksanakan piket harian di lingkungan kelas XI-A2.
2.
Untuk mengetahui seberapa
pentingkah membuang sampah pada tempatnya dan pelaksanaan piket rutin harian
bagi siswa.
3.
Untuk mengetahui reaksi dari para
siswa ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempanya.
4.
Untuk mengetahui reaksi dari para
siswa yang tidak disiplin melaksanakan piket rutin harian.
5.
Untuk mengetahui cara meningkatkan
kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan.
D. Kegunaan penelitian
Penelitian yang berjudul “PENTINGNYA
MENJAGA KEBERSIHAN BAGI SISWA KELAS XI-A2 STUDY KASUS MAN 3 KOTA KEDIRI “ ini
di harapkan memiliki kontribusi penting bagi berbagai pihak antara lain,
sebagai berikut:
1.
PEMBACA
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadikan pembaca agar sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.
2.
MASYARAKAT
Hasil penelitian ini diharapkan agar
masyarakat lebih mengetahui tentang hakikatnya kebersihan di lingkungan
sekitar.
BAB II
LANDASAN TEORI
Kebersihan adalah keadaan
bebas dari kotoran, termasuk
di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan
proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga
berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.
Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene
yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar
sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman
penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi
kebersihan diri sendiri, seperti mandi,
menyikat gigi, mencuci tangan, dan
memakai pakaian yang bersih.
Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja,
dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara melap
jendela dan perabot rumah
tangga, menyapu dan mengepel lantai,
mencuci peralatan
masak dan peralatan makan
(misalnya dengan abu gosok),
membersihkan kamar mandi
dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan
dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di
depan rumah dari sampah.
Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang
dilakukan manusia. Kebersihan di rumah
berbeda dengan kebersihan kamar
bedah di rumah sakit, sedangkan kebersihan di pabrik makanan berbeda dengan
kebersihan di pabrik semikonduktor
yang bebas debu.
BAB III
LAPORAN HASIL
PENELITIAN
A. Latar Belakang Objek
Penelitian
Kelas XI-A2 merupakan salah satu kelas di MAN Kota Kediri 3. Di kelas ini
terdapat 38 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan.
Kelas ini terletak di lajur kelas sebelah selatan. Tepatnya diantara
kelas XI-A1 dan kamar mandi putra. Ruangan ke-6 dari barat dan ke 7 dari timur.
Sebagaimana dengan kelas yang lain, di depan kelas XI-A2 terdapat taman
kecil, tempat cuci tangan dan dua macam tempat sampah, yaitu tempat sampah
organik dan anorganik.
Di dalam kelas terdapat meja-meja, kursi-kursi, papantulis, almari, majalah
dinding yang perlu dirawat dan dijaga kebersihannya sehingga tidak mengganggu jalannya KBM di kelas.
B. Penyajian Hasil
Penelitian
C. Analisis Hasil Penelitian
C.1.Pembahasan Rumusan Masalah I
C.1.1.Prosentase
dari kesadaran kedisiplinan siswa membuang sampah pada tempatnya
C.1.2.Prosentase
dari pelaksanakan piket harian di lingkungan kelas XI-A2
C.2.Pembahasan Rumusam Masalah II
C.2.1.Seberapa pentingkah membuang
sampah pada tempatnya?
Membuang sampah pada tempatnya itu sangat penting
karena dengan begitu diharapkan lingkungan kita bersih dari sampah-sampah yang
berserakan yang dapat mengganggu pemandangan ketika kita melihatnya.
C.2.2.Seberapa pentingkah pelaksanaan
piket rutin harian bagi siswa?
Melaksanakan piket harian secara rutin itu sangat
penting karena prosentasenya menunjukkan lebih besar yaitu, 26 dari 29 siswa
menjawab perlu untuk melaksanakan piket harian kelas secara rutin. Karena itu
sebagai solusi untuk menjaga kebersihan lingkungan kelas.
C.3. Pembahasan Rumusan Masalah III
Bagaimana reaksi dari para siswa
ketika melihat sampah tidak dibuang pada tempanya?
Kebanyakan dari siswa sudah mulai sadar ketika melihat sampah tidak dibuang
pada tempatnya. Mereka membuangnya ke tempat sampah, tapi, adapula yang
membiarkannya berserakan. Bahkan terdapat juga siswa ketika melihat sampah
berserakan, justru ditendang.
C.4. Pembahasan Rumusan Masalah IV
Bagaimana reaksi dari para siswa
yang tidak disiplin melaksanakan piket rutin harian?
Hasil dari penelitian agak memalukan karena persentase menunjukkan 18 siswa
dari 29 siswa bersikap cuek dalam merespon keadaan lingkungan yang kotor.
Sedangkan siswa yang lain ada yang menyesal serta mengganti hari esok jika saat
itu ia tidak piket. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa XI IPA 2 yang
belum sadar akan pentingnya kedisiplinan menjalankan piket harian kelas.
C.5. Pembahasan Rumusan Masalah V
Bagaimana
cara meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan?
Banyak cara dalam meningkatkan kesadaran
siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan diantaranya yaitu :
1.
Memberitau kepada sesama teman kita akan
pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
2.
Menerapkan sistem piket harian secara rutin dan
jika perlu diberi sanksi kepada anak yang melanggarnya. Dengan begitu siswa
diharapkan menjalankan piketnya secara rutin.
3.
Mengingatkan kepada sesama teman kita jika ada
yang mengotori/membuang sampah tidak pada tempatnya maka untuk jangan mengotori
serta membuang sampah pada tempatnya.
4.
Mengingatkan kepada sesama teman kita untuk
menjalankan piket harian kelas jika saat itu ada salah satu teman kita yang
lupa.
5.
Memberitahu bahaya dari akibat tidak menjaga
kebersihan lingkungan yaitu dapat terganggunya kesehatan, menurunnya
konsentrasi siswa karena suasana kurang kondusif, serta menggangu proses
kegiatan belajar mengajar.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan tersebut dapat
di tarik kesimpulan sebagai berikut :
- Kebanyakan dari siswa sudah mengetahui akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kelas terutama dalam membuanng sampah dan melaksanakan piket harian kelas.
- Siswa masih banyak yang belum mengaplikasikan tentang kebersihan lingkungan kelas ke dalam kehidupan sehari-harinya.
- Yang perlu diketahui dalam membayar zakat tidak ada unsur pemaksaan harus dari kesadaran sendiri.
- Mengenai syariat zakat profesi perlu dipublikasikan agar masyarat lain mengetahui dan agar bisa meningkatkan rasa kepedulian tidak hanya di kalangan guru tetapi juga di kalangan profesi lain.
DAFTAR PUSTAKA
·
Data dari angket yang dibagikan kepada siswa kelas XI-A2
Kebersihan memang penting......(AM)
BalasHapusSertifikasi OHSAS 18001